1.200 Warga Berebut Nasi Buceng di Klenteng Kwan Sing Bio
Reporter: Moch. Sudarsono
 
blokTuban.com - Klenteng Kwan Sing Bio (KSB) Tuban menggelar acara bertajuk sedekah Bumi di tempat ibadah setempat, Selasa (12/9/2017) siang.
 
Dalam kegiatan ritual itu, umat ibadah tri dharma membagikan nasi buceng sebanyak seribu bungkus bagi masyarakat sekitar, dengan tujuan mendekatkan hubungan sosial antar sesama umat.
 
Kegiatan sedekah bumi itu dilakukan untuk menghormati arwah leluhur yang tidak diurus oleh pihak keluarga. Umat tri dharma juga tak lupa memanjatkan doa-doa yang ditujukan kepada arwah leluhur agar tenang di alam sana.
 
Wakil ketua Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban, Liu Pramono mengatakan, acara rebut nasi buceng ini adalah sedekah bumi untuk mendoakan arwah leluhur yang tidak terurus oleh pihak keluarga.
 
"Seribu nasi buceng kita bagi kepada masyarakat sekitar klenteng, agar terjalin hubungan yang baik antar sesama pemeluk agama," ujar Liu sapaan akrabnya kepada wartawan.
 
Dia menambahkan, jika kegiatan sedekah bumi seperti ini sudah dilakukan bertahun-tahun lamanya, sehingga sudah jadi seperti tradisi. Dalam pelaksanaannya, pihak TITD sendiri selalu melibatkan warga sekitar atau bahkan warga yang jauh dari tempat ibadah untuk bisa turut hadir meramaikan rebutan buceng.
 
"Kita selalu undang masyarakat, karena acara ini terbuka untuk umum. Bisa kita lihat sendiri bagaimana pelaksanaannya," pungkasnya.
 
Dari pantauan blokTuban.com terlihat masyarakat sekitar turut aktif berebut nasi buceng. Bahkan, sebagian warga juga tampak mendapatkan nasi buceng lebih dari satu, hingga ada yang membawa karung untuk tempat nasi buceng tersebut. [nok/rom]