Kerajinan Kursi Bambu Desa Pandanwangi Tembus Pasaran Jatim
 
Kontributor: M. Anang Febri
 
blokTuban.com - Kesenian yang memiliki nilai estetika tinggi banyak diburu para kolektor dan penyuka seni di berbagai tempat. Demikian juga kerajinan kursi bambu dari Desa Padanwangi, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban yang sering mendapat pesanan dari berbagai kota di Jawa Timur.
 
Terletak di Dusun Tanggungan, sedikitnya 10 perajin kursi berbahan bambu yang memiliki keindahan di setiap karyanya, banyak mendapat pesanan dari wilayah Jawa Timur hingga Bali.
 
Nur Khamid, salah satu dari banyaknya perajin kursi bambu didesa tersebut mengaku banyak mendapat pesanan tetap dari kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan, dan Kota Surabaya.
 
"Dari banyaknya pesanan, yang sering datang itu dari Surabaya, yang kemudian dijual lagi ke Kota Bali," katanya kepada blokTuban.com yang ditemui dikediamannya, Sabtu (9/9/2017).
 
Dari buah karya lelaki 55 tahun tersebut, dia mampu membuat berbagai jenis perabotan rumah tangga yang kesemuanya berbahan dari bambu. Bambu-bambu itu nanti bisa dijadikan kursi, meja, almari, dan juga ranjang.
 
"Tapi kebanyakan ya buat meja dan kursi, terganting pesanan yang ada," tambahnya lagi.
 
Untuk harga yang dipatok dari kursi 1 set berisikan 2 kursi dan 1 meja relatif murah, hanya Rp 150.000 anda bisa membawa 1 set kursi bambu halus yang sudah dibaluti polesan warna klasik.
 
Kendati demikian, adanya perajin bambu di desa tersebut rupanya kurang mendapat perhatian khusus dari pemerintah desa setempat. Banyak pengrajin yang mengeluhkan keadaan tersebut, dan meminta pemerintah untuk lebih memperhatikan keadaan mereka. [feb/ito]