Umat Tridharma Tuban Kecam Konflik Kemanusiaan Myanmar

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Tiga agama yakni Konghucu, Budha dan aliran Tao yang tergabung dalam ajaran Tridharma di Kabupaten Tuban mengecam keras atas terjadinya tragedi kemanusiaan yang menimpa muslim Rohingya di Myanmar belakangan ini.

Ketua Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban, Gunawan Putra Wirawan, secara lantang mengutuk keras tragedi kemanusiaan yang menimpa muslim etnis Rohingnya di Myanmar tersebut.

Menurut dia, tragedi seperti itu harus segera diakhiri oleh pemerintah Myanmar, agar masyarakat di Rakhine Myanmar bisa hidup secara damai dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

"Kita turut mengecam aksi tersebut, mewakili umat Budha, Kong hucu dan Tao kita mengecam kekejaman kemanusiaan itu," ujar Gunawan ditemui di Klenteng Makcocu Lintiong, yang berada di utara alun-alun kota Tuban, Jumat (8/9/2017)

Didampingi beberapa pengurus klenteng Kwan Sing Bio, Gunawan juga berharap, agar konflik yang terjadi di Rakhine Myanmar itu tidak perlu dibawa di Indonesia, sebab di Indonesia tidak ada masalah antara Muslim dengan umat Budha.

"Kita baik-baik saja dengan muslim sekitar, tidak ada maslah, jadi jangan sampai siu ini dibawa ke Indonesia yang justru bisa merugikan bangsa kita sendiri. Kita percayakan sama pemerintah kita saja," pungkasnya.[nok/ito]