Sedekah Bumi, Umat Tridharma Peringati Arwah Leluhur

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Umat Tridharma Tuban telah menggelar acara sedekah Bumi, bertempat di Klenteng Makcocu Lintiong, yang terletak di utara alun-alun, Jumat (8/9/2017).

Kegiatan sedekah bumi tersebut bertujuan untuk memanjatkan doa-doa kepada arwah leluhur yang tak diperhatikan oleh keluarga atau kerabatnya. Umat tridharma menydeiakan sebanyak 500 bungkus nasi buceng dan beberapa bahan pokok lainnya untuk dibagikan kepada warga sekitar.

Ketua Tempat Ibadah Tri Dharma Tuban, Gunawan Putra Wirawan mengatakan, kegiatan ini adalah kegiatan sedekah bumi untuk mendoakan arwah leluhur. Sebab, ada arwah leluhur yang tidak diperhatikan keluarga atau kerabatnya.

"Kita bagi-bagi nasi buceng sebanyak 500 bungkus hari ini, kita berdoa dulu nasi diambil oleh masyarakat," ujarnya kepada wartawan.

Dengan adanya kegiatan tersebut, maka Gunawan begitu sapaan akrabnya berharap, agar sang pencipta memberi tempat yang nyaman di sisinya. Selain itu, dia juga tak lupa mendoakan bangsa Indonesia senantiasa diberi kedamaian.

"Kita juga doakan agar bangsa Indonesia senantiasa damai, hidup rukun antar sesama pemeluk agama," pungkasnya.[nok/ito]

Teks Foto: Masyarakat Sedang Rebutan Buceng