Pemerintah Klaim Jalin Matra Mampu Entaskan Kemiskinan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Puluhan kepala rumah tangga perempuan di Kabupaten Tuban diselimuti senyum bahagia. Pasalnya, mereka menerima bantuan Program Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera (Jalin Matra) dari Provinsi Jawa Timur Tahun Anggaran 2017, Kamis (7/9/2017).

Hal itu seperti yang terlihat saat proses penerimaan bantuan di Desa Margomulyo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, siang tadi. Puluhan janda penerima bantuan program Jalin Matra kategori PFK, tersenyum lebar saat menerima bantuan di balai desa setempat.

Satu di antara puluhan janda pemerima bantuan PFK, Sutini mengatakan, dirinya merasa senang dan berterima kasih atas bantuan yang diterima. Sebab bantuan tersebut akan sangat bermanfaat dan membantu kebutuhan keluarganya sehari-hari.

“Saya menerima bantuan sesuai dengan proses pengajuan, yaitu kulkas, beras, mie instan, gula, sabun, dan beberapa makanan ringan yang nantinya akan saya jual di rumah untuk pemasukan keluarga,” kata janda dua anak tersebut kepada awak media.

Di sisi lain, Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa, dan KB Kabupaten Tuban, Kuntil menuturkan, bantuan tersebut bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat. Dengan harapan dapat mengurangi angka kemiskinan masyarakat di Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Tuban.

Jumlah bantuan yang diterima, lanjut Kuntil, setiap orang menerima Rp2,5 juta dengan wujud bantuan barang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Sehingga, bantuan tersebut diharapkan mampu menjadi nilai tambah untuk sumber perekonomian atau pemasukan.

"Harapannya para menerima bisa memanfaatkan sebaik mungkin jenis bantuannya, sehingga tujuan program Jalin Matra bisa tepat sasaran dan tidak sia-sia. Sebab, memang peruntukannya bagi masyarakat dengan kriteria 30 persen kesejahteraan terendah," beber Kuntil panjang lebar.

Dikonfirmasi terpisah, perwakilan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Margomulyo, Chusnul Huda mengklaim, program ini sangat membantu warga yang membutuhkan. Khususnya, bagi para janda tulang punggung keluarga untuk terus mencukupi kebutuhan anak-anaknya.

"Harapannya program ini terus ada, dan penerima bisa memanfaatkan bantuan sebaik mungkin. Sehingga perekonomian keluarga bisa terbantu," sambungnya

Diketahui, di Kabupaten Tuban realisasi program Jalin Matra 2017 menyasar 36 desa di 14 kecamatan dengan nilai anggaran sebesar Rp1,9 miliar dari APBD Provinsi Jawa Timur ditambah Rp1,1 miliar dari APBD Kabupaten Tuban.

Program Jalin Matra tersebut memiliki 3 kegiatan unggulan, di antaranya, Bantuan Rumah Tangga Sangat Miskin (BRTSM) di 3 desa, Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK) di 28 desa, dan Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (PK2) di 5 desa. [rof/col]