Ungkap Rasa Syukur, Nelayan Lepas Larung Saji

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Nelayan yang berada di perkampungan Bulu, tepatnya Dusun Binangun, Desa Bulumeduro, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, mengadakan sedekah laut, Rabu (6/9/2017) pagi.

Sedekah laut digelar dengan melakukan prosesi larung saji, yang diarak oleh nelayan setempat untuk dibawa ke tengah laut dan selanjutnya dihanyutkan.

Prosesi pelepasan larung saji ini adalah sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas apa yang diberikan oleh sang pencipta, baik nikmat rizki, kesehatan dan keselamatan.

Seorang nelayan setempat, Mohamad Rudi mengatakan, larung saji yang dibuat warga dalam rangka merayakan sedekah laut meruapakan sebagai ungkapan rasa syukur.

Sebelum larung saji, terlebih dulu nelayan memanjatkan doa-doa kepada Allah SWT. Doa tersebut tentu berharap agar sang pencipta senantiasa memberikan kesehatan, keselamatan dan rizki.

"Larung saji adalah ungkapan nelayan dalam mensyukuri atas apa yang diberikan Allah SWT," ujar pria yang akrab disapa Mat tersebut kepada blokTuban.com.

Hal sama juga diungkapkan oleh nelayan lain, Masykuri. Bahwa apa yang dilakukan masyarakat nelayan dalam menggelar larung saji adalah sebagai bentuk rasa syukur. "Kita mensyukuri atas apa yang diberikan Allah, salah satunya menggelar sedekah laut," pungkasnya. [nok/rom]