Disperpan Tuban Resmikan Perpustakaan Umum di Kecamatan Palang

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Setelah beberapa waktu lalu meresmikan Perpustakaan Umum di Kecamatan Widang. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpan) Kabupaten Tuban kembali meresmikan salah satu perpustakaan umum yang berada di kecamatan.

Kali ini, peresmian perpustakaan umum tersebut dilakukan di Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Yang secara simbolis dilakukan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tuban.

Kepala Disperpan Kabupaten Tuban, Joko Prijono, saat dikonfirmasi mengatakan, Perpustakaan Umum Kecamatan Palang menjadi perpustakaan kedua yang dibangun Disperpan Tuban sepanjang tahun 2017.

"Gedung dari perpustakaan umum ini merupakan bekas Gedung Kantor Kecamatan Palang, dan dalam peresmianya ini dilengkapi dengan koleksi buku baru sejumlah 2.422 eksemplar dan 1.852 judul buku," ungkap Joko Prijono, Rabu (6/9/2017).

Joko berharap, adanya Perpustakaan Umum Kecamatan Palang ini mampu meningkatkan SDM masyarakat setempat. Serta tujuan dibangunnya perpustakaan tersebut untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas, kreatif, dan inovatif dapat tercapai.

Sementara itu, Camat Palang, Rohmad, menyampaikan banyak terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Tuban, atas dibangunnya Perpustakan Umum di Kecamatan Palang. Menurutnya, adanya perpustakaan umum di tingkat kecamatan ini memang diperlukan untuk meningkatkan SDM dan mutu pendidikan masyarakat setempat.

"Saya berharap, masyarakat di Kecamatan Palang, bisa memanfaatkan perpustakaan umum dengan baik dan maksimal. Sehingga tujuan didirikannya Perpustakaan Umum Kecamatan Palang bisa terwujud," ujar Rohmad.

Diketahui, dengan peresmian Perpustakaan Umum Kecamatan Palang ini, jumlah perpustakaan kecamatan di wilayah Kabupaten Tuban, menjadi total delapan Perpustakaan.[hud/col]