Api Mulanya Dari Sebuah Toko Snack

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kebakaran terjadi di Pasar Desa Merkawang, Kecamatan Tambakboyo, Tuban, Senin (4/9/2017), sekitar pukul 13.00 WIB. Si jago merah yang berhasil membesar itu melahap dua bangunan toko di pasar setempat.

Warga yang datang pun berbondong-bondong mencoba memadamkan api, sebelum empat pemadam kebakaran tiba di lokasi untuk menjinakkan api yang terus membesar.

[Baca juga: Si Jago Merah Lalap Bangunan Toko di Pasar Merkawang ]

Kapolsek Tambakboyo, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Mujito mengatakan, kebakaran mulanya dari sebuah toko yang menyimpan makanan ringan (Snack) dan rokok. Toko itu walnya mengeluarkan kepulan asap, namun tiba-tiba asap semakin pekat dan api mulai nampak.

Toko tersebut milik Samonah (50), warga Desa Karangasem, Jenu. Setelah api membesar, lalu merembet ke toko lain yakni milik Suki (60) warga Desa Tambakboyo.

"Berdasarkan saksi-saksi, api bermula dari toko milik Samonah, dan merembet ke toko kelontong milik Suki," ujar Mujito kepada blokTuban.com

Lanjut perwira berpangkat tiga balok dipundak itu membeberkan, kebakaran diduga kuat berasal dari percikan api di toko rokok tersebut dari sebuah korek. Menurut pengembangan penyelidikan, korek tersebut ditempatkan di ruang terbuka yang langsung mendapat sinar matahari, sehingga bisa meledak.

"Diperkirakan kebakaran bermula dari korek api yang terkena panas matahari, lalu meledak," pungkasnya.

Akibat kebakaran pasar tersebut, pemilik toko mengalami kerugian berkisar 90 juta.[nok/ito]