Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dalang kondang Jatirogo, Tri Bayu Santoso (Tribasa) menampilkan lakon Wahyu Purbasejati pada malam pamungkas HUT RI ke-72 di Kecamatan Jatirogo, Sabtu (3/9/2017) malam. 'Membangun Generasi Muda Gemar dan Cinta Wayang Kulit' menjadi tema resepsi Agustusan semalam suntuk itu.

"Kegiatan ini sebagai upaya untuk melestarikan wayang kulit sebagai budaya asli tanah air," ujar Camat Jatirogo, Nawawi kepada blokTuban.com.

Dijelaskan Nawawi, kegiatan yang digelar di pelataran pendopo Kecamatan Jatirogo itu guna mengangkat kearifan lokal ciptaan putra daerah. Dengan tujuan, mampu memberikan tontonan dan tuntunan bagi masyarakat Jatirogo.

"Dengan menampilkan dalang asli Kebunharjo, Jatirogo, kita ingin memberikan spirit masyarakat mencintai kearifan lokal," tegas Camat.

Selain itu harapan Camat, masyarakat semakin kenal dengan dalang asli Jatirogo ini. Sehingga bisa pentas di level Kabupaten, Provinsi ataupun Nasional.

"Semoga dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk ini, masyarakat terhibur dan bisa mengambil hikmah dari lakon yang ditampilkan," pungkasnya. [rof/ito]