Banyak Kambing Liar Pemakan Sampah, Konsumen Jangan Salah Pilih

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Banyak sekali kambing liar yang masih suka memakan sampah. Seperti yang terlihat di tempat pemrosesan akhir sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Hal itu tentu menjadi perhatian saat ini, karena memasuki hari raya Idul Adha, dikhawatirkan banyak kambing-kambing pemakan sampah yang dijual-belikan bebaskan bagi yang membutuhkan untuk dijadikan hewan kurban.

Kabid Kesehatan, Dinas Perikanan Kelautan dan Peternakan Kabupaten Tuban, Basoeki TJ mengatakan, masyarakat harus cermat dalam membeli hewan kurban, jangan sampai salah memilih.

Pilihlah hewan yang sehat, yang bersih dalam arti pola makanannya harus higienis, karena nanti akan berdampak bagi kesehatan dalam tubuh manusia yang mengkonsumsi.

"Ya harus cerdas memilih hewan kurban yang dipilih, jangan sampai salah pilih dan beresiko bagi kesehatan manusia," ujarnya kepada blokTuban.com, Kamis (31/8/2017).

Hal itu juga dibenarkan oleh Bambang Lukmantono, selaku Dokter Umum. Menurutnya, mengkonsumsi kambing pemakan sampah itu sangat beresiko bagi kesehatan manusia.

Sebab, hewan itu hanya butuh makan dan tidak mengetahui apakah yang dimakan ini mengandung bakteri atau tidak. Terlebih jika sampai makan bahan plastik atau bahan yang mengandung racun.

"Ini bisa berdampak bagi kesehatan hewan itu sendiri, dan manusia juga terkena dampaknya, bisa diare dan juga bisa tipus. Jadi harus hati-hati memilih hewan kurban," pungkasnya. [nok/rom]