Jelang Kurban, Dinas Mulai Cek Kesiapan Hewan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Menjelang pelaksanaan Idul Adha 1438 Hijriah yang tinggal beberapa hari lagi atau lebaran kurban. Pihak Dinas Perikanan, Kelautan dan Peternakan Kabupaten Tuban, melakukan pengecekan di beberapa titik rumah ternak di wilayah setempat, Selasa (29/8/2017).

Rumah ternak yang dicek salah satunya adalah Nurul Hayat yang berada di Kelurahan Mondokan Kecamatan Tuban kota. Pengecekan kesiapan hewan dilakukan untuk mengetahui layak atau tidaknya hewan untuk disembelih.

Kabid Kesehatan Hewan, Dinas Perikanan, Kelautan dan Peternakan Kabupaten Tuban, Basoeki TJ mengatakan, pengecekan hewan memang disiapkan karena sebentar lagi adalah pelaksanaan idul adha. Jadi dipastikan hewan yang akan disembelih benar-benar dalam keadaan sehat dan layak.

"Ya kita mulai lakukan pengecekan hewan ternak, baik sapi dan juga kambing," ujar Basoeki di lokasi.

Menurut dia, yang perlu diketahui adalah, bahwa hewan yang dikurbankan harus dalam keadaan sehat, serta sesuai menurut ketentuan agama. Baik dari segi usia ataupun kriteria lainnya.

"Kita memeriksa kesehatan hewan yang siap dikurbankan, ada beberapa catatan penting tadi," pungkasnya.

Pihak dinas terkait juga berupaya akan memaksimalkan pengecekan kesehatan hewan hingga pelaksanaan penyembelihan, dengan cara berkoordinasi dengan panitia penyembelihan. [nok/rom]