Berikut Temuan Tim Kesehatan Saat Sidak Peternakan Hewan Kurban

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Tim Bidang Kesehatan Hewan Dinas Perikanan, Kelautan dan Peternakan Kabupaten Tuban mengecek kesiapan ternak atau penjualan hewan kurban, menjelang pelaksanaan Idul Adha yang tinggal menghitung hari.

Petugas yang mengecek di tempat penjualan hewan kurban Nurul hayat, yang berada di Kelurahan Mondokan mendapati beberapa temuan kelayakan hewan korban.

"Kita temukan hewan yang seharusnya belum layak dikorbankan, tetapi kita dapati," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas terkait, Basoeki Tj.

Adapun yang berhasil didapati saat pengecekan kesehatan hewan ternak tersebut adalah faktor usia hewan yang masih muda, penyakit mata, dan kulit pada hewan kurban.

Misal, ada hewan yang matanya  sakit, juga terdapat seperti koreng pada bagian kepala. Petugas juga bisa mengetahui usia hewan hanya dengan memeriksa gigi pada hewan tersebut.

"Secara kelayakan kesehatan memang tidak masalah, tapi sesuai hukum agama belum memenuhi syarat, karena ada faktor usia dan kesehatan yang menjadi prioritas," pungkasnya.

Pihak dinas terkait juga berupaya untuk memaksimalkan pengecekan kesehatan hewan hingga pelaksanaan penyembelihan, dengan cara berkordinasi dengan panitia penyembelihan. [nok/col]