Populasi Kera di Bektiharjo Tinggal Kisaran 50 Ekor

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Hingga kini, populasi Kera (Monyet) yang berada di kawasan Wisata Pemandian Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban tinggal kisaran 50 ekor.

Jumlah tersebut terus mengalami penurunan dibandingkan dengan populasi di tahun-tahun sebelumnya, yang jumlah populasinya mencapai hingga ratusan ekor.

"Saat ini, populasi kera di Bektiharjo kisaran 50 ekor," kata Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Suwanto, saat dihubungi blokTuban.com, Minggu (27/8/2017).

Ia menambahkan, untuk saat ini kera yang berada di kawasan pemandian bektiharjo tersebut terdiri dari berbagai usia, mulai dari yang muda dengan usia setengah tahunan hingga yang tua antara umur 10-15 tahun.

Menurut Suwanto, kera-kera tersebut merupakan kera jenis Jawa yang memiliki keunikan dan kebiasaan migrasi ke Goa Gembul, Desa Jadi, Kecamatan Semanding.

"Kami pertahankan kera tersebut dengan intensif memberikan makanan. Dengan begitu apabila memungkinkan kita optimalkan dengan menambahkan objek wisata, kalau tidak ya kita kontrol perkembanganya," pungkas Suwanto.[hud/ito]