Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com- Semarak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) memiliki makna tertentu di masing-masing wilayah.

Demi meningkatkan kekompakkan dan menjalin tali silaturahmi yang kokoh, segenap warga Desa Mojoagung, Kecamatan Soko menggelar lomba gerak jalan. Meriahnya lagi, peserta yang mewakili Rukun Tetangga (RT) masing-masing akan mendapatkan 1 ekor kambing atas partisipasinya.

Haji Makmur, kepala desa (Kades) setempat mebenarkan adanya pemberian seekor kambing untuk peserta lomba per RT.

"Pada gerak jalan ini memang sengaja kami berikan 1 ekor kambing per RT untuk menambah semangat dan kinerja para perangkat, baik itu RT, RW, BPD, LPMD, maupun Karang Taruna", paparnya kepada blokTuban.com, Jumat (25/8/2017).

Dari rute yang ditempuh, yakni lapangan desa setempat, kemudian ke timur belok kiri, mengitari dusun Sendangulung, dan finish di Balai Desa Mojoagung. Para peserta tampak semangat menunjukkan yel-yel dan koreografinya masing-masing.

"Namanya gerak jalan desa, tentu bebas yel-yel dan formasi. Yang terpenting, warga bisa kompak, rukun, dan serasi", ujar Haji, panggilan akrab Kades tersebut.

Tercatat lebih dari 50 tim peserta gerak jalan turut memeriahkan kegiatan tersebut, baik dari siswa Sekolah Dasar (SD) hingga umum.

"Nanti juga ada doorprize di akhir lomba gerak jalan", tambahnya. [feb/col]