Moment HUT RI, Karnaval Desa Plandirejo Semarak

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Meskipun melewati jalanan desa yang kecil, Karnaval Desa Plandirejo, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban tetap meriah dengan adanya berbagai macam jenis pawai yang menghibur.

Dimulai pada pukul 13.00, peserta karnaval mulai bergerak dari start Lapangan Desa Plandirejo, kemudian ke arah timur, dan berakhir di balai desa setempat. Para peserta yang didominasi kalangan dewasa tersebut pun tampak antusias.


Dari data yang didapat blokTuban.com, sedikitnya 27 peserta karnaval yang terdiri dari 17 perwakilan RT dan 10 Peserta lainnya berasal dari Sekolah Dasar (SD) sederajat, Madrasah Tsanwiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) turut memeriahkan karnaval desa setempat dengan mengenakan busana-busana unik miliknya.

Dengan pilihan tema yang bervariasi, peserta karnaval mulai beraksi. Salah satunya adalah peserta dari perwakilan RT 06/RW 01 yang mengangkat tema 'Kebangsaan'.

"Ada peserta yang menampilkan Garuda sebagai lambang Negara," kata Inal, pemuda setempat yang diwawancarai blokTuban.com, Kamis (24/8/2017)

Dengan berseragam mirip Presinden Republik Indonesia (RI) pertama yaitu Soekarno, peserta tersebut memutar pidato-pidato khas Bung Karno di sepanjang rute karnaval.

"Tema menarik itu yang berseragam Soekarno, karena secara tidak langsung mengingatkan kita kepada masa pemerintahan beliau," tambahnya. [feb/col]