Lupa Padamkan Api Saat Masak, Rumah di Merakurak Terbakar

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kebakaran terjadi di Dusun Koro, Desa Pong-pongan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Rabu (23/8/2017), pukul 09.00 WIB.

Kejadian kebakaran yang menimpa rumah Noto (35) itu, diduga bermula dari api tungku masak, yang lupa tidak dipadamkan oleh pemiliknya. Saat itu Noto sedang di sawah, sedangkan istrinya sedang ke Jenu menjenguk anaknya di Pondok.

Api yang digunakan untuk memasak itu berbahan tongkol jagung kering atau janggel. Dari kobaran api tersebut merembet ke dinding yang terbuat dari kayu sehingga api menjalar dan menghanguskan bangunan.

Kasubag Humas Polres Tuban, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Elis Suendayati mengatakan, kejadian diduga karena kelalaian oleh pemilik rumah. Sebab, saat memasak di sebuah tungku ditinggal dengan kondisi api masih menyala.

"Pemilik rumah lalai, hingga api membakar dinding dan atap yang terbuat dari kayu," ujar Elis sapaan akrabnya kepada blokTuban.com.

Beruntung dari kejadian tersebut tidak memakan korban jiwa. Hanya saja, pemilik rumah mengalami kerugian material yang tidak sedikit, kerugian berkisar sekitar 20 juta.

"Kerugian sekitar 20 juta, petugas yang mengetahui kejadian tersebut langsung mendatangi lokasi guna penyelidikan lebih lanjut," pungkasnya. [nok/rom]