Ramai Tolak FDS, Ini Tanggapan Direktur LPIT Al Uswah Tuban

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Ramainya gelombang penolakan Permendikbud No.23 Tahun 2017, tentang Hari Sekolah, sampai juga di wilayah Tuban. Mengenai hal itu, satu diantara lembaga pendidikan dengan model Full Day School (FDS) pun angkat bicara.

Direktur LPIT Al Uswah Tuban, Ahmad Muadzin menilai, FDS merupakan pilihan. Artinya, lembaga mau FDS boleh, tidak pun juga tidak ada masalah.

"Saya belum baca secara lengkap apa isi Permendikbud tentang FDS ini, tapi jika melihat pernyataan Presiden di berbagai media bahwa FDS ini adalah pilihan, artinya mau FDS silahkan enggak juga gak papa," kata Ahmad Muadzin kepada blokTuban.com, Senin (21/8/2017).

Pada era seperti saat ini, lanjut Ustad Muadzin, sapaan karibnya, dunia pendidikan harus banyak inovasi dan lebih kreatif. Sebab masyarakat sudah mulai sadar bahwa sekolah itu harus menunjang perkembangan anak.

"Anak hanya sekolah, tapi gak dapat apa-apa alias gak punya skill, maka akan ditinggalkan," sambung dia.

Ditegaskan Ustad Muadzin, di era kemajuan ini lembaga pendidikan yang mengedepankan inovasinya, maka akan banyak peminat. Pada kenyataannya, ujar dia, sekarang ini sekolah-sekolah yang banyak inovasi itu yang menerapkan FDS, meskipun ada juga yang bukan FDS, tapi tidak banyak.

"Intinya bagi kami tidak penting mau FDS atau bukan, yang penting banyak-banyak ber-inovasi di dunia pendidikan," cetus direktur yang sudah menerapkan FDS lebih dari Tiga tahun belakangan ini. [rof/rom]