Lima Kecamatan Cairkan ADD, Bancar Tercepat

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap II mulai dilakukan pemerintah kabupaten Tuban melalui Dinas pemberdayaan masyarakat, Pemerintahan desa dan Keluarga berencana (KB) setempat.

Pada pencairan dana yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten ini, sudah ada lima kecamatan yang mencairkan, namun belum sepenuhnya.

"Sudah ada lima kecamatan yang mencairkan ADD, pertama Bancar, Montong, Bangilan, Kerek dan Parengan," kata Kepala Dinas pemberdayaan masyarakat, Mahmudi kepada blokTuban.com, Senin (21/8/2017)

Dia menjelaskan, meski lima kecamatan tersebut sudah mencairkan, namun belum sepenuhnya diterima oleh desa. Sebab, yang baru mencairkan ADD sepenuhnya baru Kecamatan Bancar, empat kecamatan lainnya baru beberapa desa yang cair.

"Baru Kecamatan Bancar yang sudah cair semuanya, itu termasuk tercepat dalam pencairan ADD tahap II, lainnya belum," ungkap pria berkacamata itu.

Sementara itu, Camat Bancar, Danarji membenarkan perihal kecamatan yang dipimpinnya menerima ADD tercepat. "Benar kita memang tercepat untuk pencairan ADD tahap II ini," terang Camat saat dikonfirmasi blokTuban.com

Dia menambahkan, pada pencairan ADD tahap II ini kecamatan Bancar mendapatkan dana sekitar 4 Miliar yang diperuntukkan bagi 24 Desa, dari jumlah pagu yakni sekitar 8 Miliar. Karena untuk pencairan ADD ini pencariannya adalah 50 persen dimasing-masing tahapan.

"Pencairan tahap pertama sudah cair 50 persen, pada tahap II juga sudah cair 50 persen, kita proses lebih cepat agar dana bisa dimanfaatkan bagi tiap-tiap desa," pungka camat.[nok/ito]