Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia (RI), sejumlah desa yang berada di zona Tuban Selatan khususnya Kecamatan Soko menggelar karnaval.

Dalam pantauan blokTuban.com, sedikitnya 3 desa di Kecamatan Soko mengadakan pawai budaya atau yang lebih dikenal dengan sebutan karnaval. Desa tersebut antara lain adalah Desa Kendalrejo, Desa Pandanwangi, dan Desa Menilo yang serentak memulai pawainya tepat pukul 13.00 di masing-masing desa.

Karnaval Desa Kendalrejo yang dimeriahkan oleh warga setempat mengambil rute jalan lingkar desa yang mengelilingi daerah tersebut. "Peserta karnaval ini dari perwakilan masing-masing RT, rutenya seputaran desa saja," tutur Nasta'in (21), pemuda setempat kepada blokTuban.com, Minggu, (20/8/2017).

Di desa lain, Desa Pandanwangi dan Desa Menilo, karnaval juga diarahkan ke jalan kecil seputar desa. "Meskipun karnaval desa hanya mengambil rute dalam, tapi kegiatan inilah yabg menjadi alat pemersatu masyarakat," kata Kamim, anggota Karang Taruna Desa Menilo.

Beranjak dari rute ketiga desa tersebut, Karnaval Desa Pandanwangi tampak ramai penonton. Hal ini dikarenakan rute karnaval tersebut menempuh jalanan dalam yang dibarisi rindangnya pepohonan jenis bambu. [feb/col]