Atasi Kemiskinan, Bupati Instruksikan ADD untuk Pemberdayaan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Bupati Tuban, Fathul Huda, merespon tingginya angka kemiskinan yang terjadi di wilayah yang dipimpinnya. Bahkan, dia sudah mempunyai solusi untuk mengurangi angka kemiskinan tersebut.

"Kita sudah instruksikan untuk menggunakan Alokasi dana desa (ADD) untuk menekan angka kemiskinan," kata Bupati kepada blokTuban.com

Menurut Bupati berlatar belakang bisnis tersebut, penggunaan ADD dalam rangka pengentasan kemiskinan di Tuban, nantinya bisa diwujudkan dalam bentuk pemberdayaan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Dengan demikian, maka diharapkan langkah ini bisa efektif untuk mengurangi tingkat kemiskinan. Karena program pemberdayaan tersebut langsung diterima dan dirasakan oleh masyarakat.

"Kita instruksikan kepada Kades untuk memanfaatkan ADD untuk pemberdayaan, supaya bisa mengurangi angka kemiskinan," pungkas mantan Ketua PCNU Tuban itu.

Sebelumnya angka kemiskinan di Tuban pada 2015 mencapai 17,08 persen. Prosentase tersebut mengalami peningkatan pada tahun 2016 sebesar 0,06 persen menjadi 17,14 persen. Sementara itu jumlah penduduk miskin pada 2015 tercatat 196.590jiwa. Pada 2016 jumlah kemiskinan meningkat 1.760 jiwa menjadi 198.350 jiwa. [nok/col]