HMJ Sejarah UM Gelar Olimpiade di MAN Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-72, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bidang Study Sejarah, Universitas Negeri Malang (UM) menggelar olimpiade tingkat SMA/Sedrajat, Sabtu (19/8/2017).

Olimpiade yang mengusung tema 'Membangun Generasi Cerdas Sejarah 72 Tahun Indonesia Merdeka' tersebut diselenggarakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tuban, yang diikuti sebanyak 63 tim dari Rayon Tuban.

"Ini merupakan Program Kerja tahunan kami, tempat olimpiade tiap tahun pun bergilir antara Bojonegoro, Lamongan dan Tuban," ungkap koordinator Rayon Tuban Rio Handi Prasetya.

Ia menambahkan, olimpiade yang diselenggarakan secara gratis tersebut, bertujuan untuk membangun generasi cerdas sejarah, disamping itu untuk mengingatkan kepada siswa-siswi agar tidak melupakan sejarah.

"Sesuai dengan tema kami, olimpiade bertujuan untuk membangun generasi cerdas sejarah, sekaligus memperkenalkan jurusan maupun tempat kami kuliah," tambahnya.

Menurutnya, olimpiade ini diikuti kelas X dan XI, dan bagi peserta yang berhasil menjadi juara akan mendapatkan tropi, uang pembinaan, tropi bergulir, dan sertifikat.

Sementara itu, Pendamping Guru Sejarah sekaligus Staf Kurikulum MAN Tuban, Dra. Handriyani mengungkapkan, kegiatan ini sangat bagus karena bisa menjadi motivasi anak-anak untuk lebih baik lagi.

"Kami menyambut positif kegiatan ini, karena akan memotivasi anak-anak untuk mengukur kemampuannya. Disamping itu kegiatan olimpiade juga untuk meningkatkan pemahaman dibidang sejarah," ungkap Handriyani. [hud/rom]