Simbol Kemerdekaan, KKN Unirow dan Garansi Lepas Burung

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) dapat diperingati dengan macam-macam jenis kegiatan. Kemerdekaan yang diraih bangsa Indonesia juga memiliki banyak arti dalam masing-masing kehidupan manusia.

Mengenai simbol dan artian kemerdekaan tersebut, mahasiswa KKN Unirow Desa Gununganyar, Kecamatan Soko melakukan aksi pelepasan burung sebagai simbol kemerdekaan.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara KKN Unirow, yaitu sosialisali bahaya narkoba. Setelah deklarasi penandatanganan anti narkoba yang dilakukan oleh masyarakat desa setempat, puluhan burung jenis perkutut dilepaskan ke alam bebas, Kamis (17/8/2017).

"Karena ini momentum HUT RI spirit pembebasan, akhirnya kita melakukan aksi simbolis melepas dan membebaskan puluhan burung," papar Majid, ketua Gerakan Anti Narkoba dan Prostitusi (Garansi) yang juga sebagai pengisi materi.

Pelapasan burung yang dilakukan oleh pihak dan mahasiswa KKN Unirow melibatkan warga, anak-anak, dan anggota dewan dapil setempat dalam pelaksanaannya.

"Simbol pelepasan burung ini semoga menjadi spirit, bahwa kebebasan atau kemerdekaan bukan milik satu dua orang, tapi milik banyak orang," tambahnya. [feb/ito]