Minggu Depan, Dinas Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah, Dinas Perikanan, Kelautan dan Peternakan, merencanakan pada Minggu depan akan berkeliling melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan jenis sapi atau kambing yang akan di kurbankan.

Pemeriksaan kesehatan hewan tersebut bertujuan untuk mengetahui hewan yang akan dikurban layak atau tidak, serta untuk meminmalisir barang kali ada hewan yang tidak layak kurban dari sisi kesehatan.

Kasi Kesehatan Hewan (Kasi Keswan), Basuki mengatakan, kita mulai berkeliling melakukan pemeriksaan kesehatan hewank urban mulai minggu depan. "Sekarang kita memantau titik-titik penjualan/peternak hewan kurban," ungkap Basuki kepada blokTuban.com, Jumat (18/8/2017).

Ia menambahkan, pemeriksaan kesehatan kurban tersebut akan menyasar kepada pedagang-pedagang atau pengepul hewan yang ada di pinggir-pinggir jalan atau pasar. Kemudian akan dilanjut ke peternakan.

"Calon hewan kurban kita cek, mulai dari asalnya dan kita lakukan pemeriksaan kesehatannya, apakah layak dibuat kurban atau tidak," ujarnya. [hud/rom]