Mahasiswa KKN Unirow Latih Warga Sulap Belimbing Wuluh Jadi Sirup

Pengirim: Mahfud

blokTuban.com - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Ronggolawe (Unirow) Tuban di Desa Borrehbangle, Kecamatan Merakurak, menggelar pelatihan sirup dari belimbing wuluh. Kegiatan dilaksanakan di balai desa setempat, Selasa (15/08/2017).

Dihadiri kurang lebih  puluhan ibu-ibu rumah tangga, para peserta antusias mengikuti program pemberdayaan masyarakat KKN-PM Unirow itu.

Wiwin Yuliana salah satu anggota KKN-PM yang menjadi pemateri memaparkan, bagaimana belimbing wuluh yang sangat asam dapat bernilai uang dengan dibuat sirup. 

"Zat asam yang terkandung di dalamnya bisa dijadikan obat sakit gigi, pegel linu, diet dan banyak lagi manfaat lainnya. Di pasaran ini sangat laris tinggal manajemen pemasaran kita, bagaimana cara mengemas dan memasarkan produk nanti saya jelaskan" ujarnya dalam menyampaikan materi.

Wiwin dibantu teman KKN yang lain mempraktikan dengan baik bagaimana proses step by step, sampai pada pengemasan yang menarik dan umik sehingga dapat dijual di pasaran.

Mahfud Hariadi, Ketua KKN Unirow menuturkan, melihat potensi masyarakat Desa Borehbangle yang banyak tumbuhan belimbing wuluh ini diharapkan bisa dimanfaatkan dengan maksimal sehingga mampu mendatangkan rupiah.

"Belimbing tersebut rata-rata hanya di manfaatkan sebagai sayuran saja, kalau enggak ya dibiarkan jatuh sampai busuk, maka dengan itu kami sebagai kelompok KKN - Pemberdayaan Masyarakat menggali potensi yang ada agar mampu mrmberi pengetahuan yang lebih untuk masyarakat," ujarnya

Dengan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan penghasilan masyarakat, dan menjadi sentra produksi sirup belimbing wuluh. "Kami juga membentuk koperasi secara khusus yang di manajemen sendiri oleh ibu ibu, mulai dari penanaman, produksi sampai pemasaran," tambah  Mahfud.

Acara tersebut mendapat apresiasi yang sangat bagus dan akan di maksimalkam oleh masyarakat untuk produksi rumahakan atau kelompok. [col]