13:00 . Tuban Butuh Data Terpadu Kemiskinan, Petugas Survei Harus Jujur   |   12:00 . Besok, Listrik Sekitar RSUD Tuban Padam 4 Jam   |   11:00 . Air Mineral Kemasan Mini Jadi Tren Suguhan Masyrakat   |   10:00 . Dirjen Pemasyarakatan Kemenkum HAM RI, Kunjungi WAE Lapas Tuban   |   09:00 . Sampah di Desa Ini Dipakai Bayar Asuransi   |   07:00 . Manfaat Menatap Mata Bayi   |   16:00 . Nelayan Tuban Ikuti Seminar Kebersihan Laut dan UKM   |   15:00 . Tudingan Penggelembungan Suara Pilpres, Ini Tanggapan KPU   |   14:00 . Struktural BPD Pongpongan Terbentuk, Ini Komitmennya   |   11:00 . TNI Polri dan Masyarakat Tuban Deklarasi Tolak Kerusuhan   |   10:00 . Sejumlah Progres Kilang Tuban Setelah Kunjungan Pemprov Jatim   |   09:00 . Diskoperindag Canagkan Program Berantas Rentenir   |   08:00 . Ini Komentar Warga Soal Jembatan Tuban-Bojonegoro   |   07:00 . 3 Rumus Jalani Lebaran Sehat   |   19:00 . Meski Kalah, Strategi akan Diterapkan di Liga 2   |  
Mon, 17 June 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 18 August 2017 17:00

Mahasiswa KKN Unirow Latih Warga Sulap Belimbing Wuluh Jadi Sirup

Mahasiswa KKN Unirow Latih Warga Sulap Belimbing Wuluh Jadi Sirup

Pengirim: Mahfud

blokTuban.com - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Ronggolawe (Unirow) Tuban di Desa Borrehbangle, Kecamatan Merakurak, menggelar pelatihan sirup dari belimbing wuluh. Kegiatan dilaksanakan di balai desa setempat, Selasa (15/08/2017).

Dihadiri kurang lebih  puluhan ibu-ibu rumah tangga, para peserta antusias mengikuti program pemberdayaan masyarakat KKN-PM Unirow itu.

Wiwin Yuliana salah satu anggota KKN-PM yang menjadi pemateri memaparkan, bagaimana belimbing wuluh yang sangat asam dapat bernilai uang dengan dibuat sirup. 

"Zat asam yang terkandung di dalamnya bisa dijadikan obat sakit gigi, pegel linu, diet dan banyak lagi manfaat lainnya. Di pasaran ini sangat laris tinggal manajemen pemasaran kita, bagaimana cara mengemas dan memasarkan produk nanti saya jelaskan" ujarnya dalam menyampaikan materi.

Wiwin dibantu teman KKN yang lain mempraktikan dengan baik bagaimana proses step by step, sampai pada pengemasan yang menarik dan umik sehingga dapat dijual di pasaran.

Mahfud Hariadi, Ketua KKN Unirow menuturkan, melihat potensi masyarakat Desa Borehbangle yang banyak tumbuhan belimbing wuluh ini diharapkan bisa dimanfaatkan dengan maksimal sehingga mampu mendatangkan rupiah.

"Belimbing tersebut rata-rata hanya di manfaatkan sebagai sayuran saja, kalau enggak ya dibiarkan jatuh sampai busuk, maka dengan itu kami sebagai kelompok KKN - Pemberdayaan Masyarakat menggali potensi yang ada agar mampu mrmberi pengetahuan yang lebih untuk masyarakat," ujarnya

Dengan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan penghasilan masyarakat, dan menjadi sentra produksi sirup belimbing wuluh. "Kami juga membentuk koperasi secara khusus yang di manajemen sendiri oleh ibu ibu, mulai dari penanaman, produksi sampai pemasaran," tambah  Mahfud.

Acara tersebut mendapat apresiasi yang sangat bagus dan akan di maksimalkam oleh masyarakat untuk produksi rumahakan atau kelompok. [col]

Tag : mahasiswa, kkn, unirow

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 21 April 2019 08:00

    Warisan Sejarah di Bumi Wali

    Warisan Sejarah di Bumi Wali Di Tuban banyak sekali wahana wisata yang memang sudah menjadi tujuan para wisatwan domestik maupun non domestik. Namun, sebenarnya bagaimana sih sejarah wisata yang ada di ujung barat Provinsi Jawa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more