Mahasiswa Ajak Warga Gelar Doa Bersama di Makam Aryo Tedjo

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Beragam acara dilakukan warga dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-72 ini. Mulai dari rangkaian upacara bendera, lomba-lomba, maupun acara adat dan keagamaan.

Seperti yang ditemui blokTuban.com, di Bumi Wali bertepatan dengan HUT kemerdekaan yang jatuh pada 17 Agustus, peserta KKN dari Perguruan Tinggi Milik Nahdlatul Ulama (NU) bersama masyarakat Parengan menggelar doa bersama di makam Bupati Tuban ke-7, Tumenggung Aryo Tedjo.

Dosen Pembimbing Lapangan KKN STITMA Tuban, Jamal Ghofir mengatakan, penting bagi generasi muda untuk memahami sejarah kemerdekaan, begitu juga para Pahlawannya. Untuk itu, momen peringatan Kemerdekaan Indonesia ini mahasiswa bersama warga napak tilas yang dibungkus dengan Doa bersama.

"Jangan sampai tidak mengetahui atau bahkan lupa dengan sejarah perjuangan para ulama, pesantren, dan pahlawan kita," tutur pria yang akrab disapa kang Jamal itu, Kamis (17/8/2017).

Pengurus Cabang NU tuban itu menegaskan, nilai yang dapat diambil dari kegiatan doa bersama ini, untuk memperkuat jiwa nasionalisme kebangsaan dan meneguhkan nilai-nilai tradisi. Pihaknya menegaskan, tradisi kirim doa pada para pejuang, ulama, dan para tokoh jangan sampai luntur.

"Tradisi semacam ini harus dilestarikan karena positif, erutama mensyukuri kemerdekaan Sampai saat ini," pungkasnya menandaskan.[rof/col]