Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-72, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Ronggolawe (Unirow) bersama Gerakan Anti Narkoba dan Prostitusi (Garansi) melakukan sosialisasi bahaya Narkoba di Balaidesa Gununganyar, Kecamatan Soko.

Program peduli sesama yang dilaksanakan mahasiswa tersebut melibatkan puluhan anak-anak berusia 10- 18 tahun untuk mengetahui bahaya Narkoba beserta dampaknya.

Rita, Ketua KKN Unirow desa setempat mengatakan, kegiatan ini merupakan gebrakan baru dalam perayaan hari kemerdekaan dengan menggelorakan semangat kemerdekaan yang bebas Narkoba.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan bahaya Narkoba beserta dampaknya kepada anak-anak remaja," katanya kepada blokTuban.com di sela acara, Kamis (17/8/2017).

Daerah yang terpencil menggugah minat sekumpulan mahasiswa tersebut untuk memberi wawasan lebih terkait Narkoba. "Daerah sini kan lumayan terpencil, jadi perlu diperhatikan wawasan tentang dampak-dampak Narkoba," tambahnya.

Yoga, peserta penyuluhan dari kelas 6 SD setempat mengaku senang dengan kegiatan tersebut. "Acaranya lama, tapi asyik. Soalnya yang kasih materi lucu," pungkasnya.

Kegiatan tersebut mendapat respon positif dari warga setempat. Hal ini terbukti dengan adanya deklarasi penandatanganan masyarakat menolak Narkoba.

Ketua Gerakan Anti Narkoba dan Prostitusi (Garansi), Majid memberi apresiasi kepada mahasiswa KKN Unirow. "Kami sangat mengapresiasi teman-teman mahasiswa, karena masalah narkoba adalah tugas nasional, bukan hanya segelintir orang. Mudah-mudahan penyuluhan semacam ini terus dilakukan oleh semua masyarakat", tuturny seusai mengisi materi penyuluhan. [feb/col]