Seni Karawitan Dari Parengan, Akan Pentas di Istana Kepresidenan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kelompok Kesenian Karawitan/Gamelan 'Yoga Laras' dari Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sukorejo 1, yang dinaungi 'Sanggar Ngripto Raras' Desa Sukorejo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban menjadi perwakilan Jawa Timur (Jatim) pentas di Istana Kepresidenan Republik Indonesia (RI) di Jakarta.

Kelompok seni karawitan yang terdiri dari 14 anak tersebut, akan diberangkatkan ke Jakarta besok, Senin (14/8/2017) pagi. Mereka layak mewakili kesenian dari jatim untuk pentas di Istana Kepresidenan. Lantaran pada Pekan Seni Pelajar (PSP) tingkat jatim lalu meraih Juara 1.

Dari informasi yang diperoleh blokTuban.com kelompok karawitan dari Desa Sukorejo tersebut mendapatkan kesempatan pentas di Istana Kepresidenan dalam rangka HUT RI ke-72. Yang mana dipastikan pentas tersebut akan disaksikan oleh Presiden RI dan tamu-tamu penting lainya.

"Dari Jatim, yang akan diberangkatkan ke Jakarta ada dua, yaitu dari Kabupaten Banyuwangi dan Tuban. Dari Tuban mendapatkan VIP yang akan disaksikan langsung oleh presiden dan tamu-tamu penting," ungkap Ketua Sanggar Ngripto Raras Desa Sukorejo, Eko.

Terpisah salah satu Pembina dari SDN Sukorejo 1, Joko Subianto menambahkan, menjelang pentas tersebut pihaknya terus menggelar latihan setiap malam. Dan hingga saat ini persiapan sudah sampai 95 persen. "Persiapan untuk berangkat ke Jakarta sudah 95 persen mas," ujarnya.

Joko berharap, semoga dalam pentas di Istana Kepresidenan nanti, anak-anak dapat menampilkan seni karawitan dengan bagus dan lancar. Sehingga kedepan lebih sukses dan bisa melanjutkan lagi ke event yang lebih tinggi lagi.[hud/ito]