Pelajar Madrasah Dapatkan Pendidikan Karakter Melalui Kemah

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Ratusan pelajar madrasah berseragam pramuka lengkap berkumpul di lapangan bumi perkemahan Kedungjambangan, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Minggu (13/8/2017). Kedatangan mereka untuk mengikuti kemah bersama yang digelar DPC PGMI Kecamatan Bangilan dalam rangka menyambut Milad Pramuka ke-56.

Kegiatan yang diikuti 25 regu yang terdiri dari peserta didik Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga jenjang Madrasah Aliyah (MA) se-kecamatan Bangilan itu, rencananya akan berlangsung selama dua hari satu malam.

Ketua penyelenggara Kemah Bersama DPC PGMI Kecamatan Bangilan, Abdul Choliq mengatakan, selain untuk memperdalam pengamalan Tri Satya dan Dasa Dharma, kegiatan ini bertujuan untuk menjaga persatuan dan kesatuan antar warga negara Indonesia. Dalam hal ini, warga pendidikan Madrasah di Kecamatan Bangilan.

"Kegiatan kemah ini juga sebagai wujud rasa syukur kita untuk menyambut hari lahir pramuka yang ke-56 tahun," ujar Choliq ketika ditemui blokTuban.com di lokasi kemah, Minggu (13/8/2017).

Seorang guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) itu berharap, setelah adanya kegiatan kemah ini dapat membangun kepribadian diri anak agar menjadi pribadi yang lebih baik, serta meningkatkan keterampilan gotong royong atau kerjasama dengan kelompok.

Di samping itu, juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir serta mengembangkan kedisiplinan, pengetahuan, keterampilan diri, kepemimpinan dan rasa percaya diri anak.

"Semoga karakter anak akan terbentuk, sehingga mereka mampu menghadapi globalisasi jaman saat ini," imbuh pendidik yang kini menjabat wakil ketua II DPC PGMI Bangilan itu.

Sementara majelis pembimbing ranting (Mabiran) Kecamatan Bangilan, Moch. Maftuchin Riza mengingatkan agar masyarakat dan lembaga lebih perhatian terhadap anak. Yakni, dengan cara memberikan pendidikan yang baik kepada para generasi muda, seperti kegiatan ke-Pramukaan pada pagi hari tadi.

"Generasi muda tidak boleh melempem dan harus kuat laksana baja. Untuk itu, dalam penguatan karakter bangsa tentu saja dengan cara yang majemuk dan bervariatif," sambung Camat Bangilan itu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun blokTuban.com menyebutkan, sesuai jadwal kemah tersebut akan ditutup pada tanggal 14 Agustus 2017 dengan kegiatan upacara memperingati Hari Pramuka yang ke 56 tahun pada pukul 08.00 WIB pagi.

Tampak dalam upacara pembukaan ini Camat Bangilan, Moch. Maftuchin Riza, didampingi pengawas TK/SD Bangilan, Imam Syafii, PPAI Kecamatan Bangilan, Sri Hidayah, Pengawas Madrasah Kecamatan Bangilan, Saiful Badri, dan Ketua DPC PGMI Kecamatan Bangilan, Mukhlishin. [rof/ito]