Jaga Kesehatan, Penuhi Gizi dan Nutrisi Kebutuhan Tubuh

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unirow Tuban 2017 di Desa Dermawuharjo, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban menggelar Seminar Kesehatan bertema 'Kenali Gejala Penyebab dan Pengobatan Nyeri Sendi (Osteoarthritis)'.

Seminar yang digelar di Balai Desa setempat tersebut, turut dihadiri oleh Perangkat Desa, Pemateri dari Stikes NU, Organisasi Kepemudaan, masyarakat umum Desa Dermawuharjo serta dari Mahasiswa Stikes NU Tuban.

Kepala Desa (Kades) Dermawuharjo, Junarso mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN Unirow. Menurutnya, kesehatan sangat penting apalagi bagi kepala rumah tangga yang juga sebagai tulang punggung keluarga.

"Kegiatan hari ini patut kita apresiasi bersama, karena banyak manfaat yang akan bisa kita ambil, sehingga bisa merubah pola kesehatan nantinya,” ungkap Junarso.

Sementara itu, pemateri dari Stikes NU Tuban yaitu Ahmat Winarto. S.Kep.,SH berharap agar masyarakat sekitar semakin sadar bahwa kesehatan itu sangat penting. Di samping itu pemateri juga menjelaskan peran penting aktifitas dan gizi bagi tubuh.

"Kandungan gizi yang ada dalam makanan mempunyai peran penting dalam tubuh. Sehingga bila dikonsumsi dengan porsi kurang atau kelebihan, dapat mengganggu fungsi tubuh atau bahkan muncul dampak bagi kesehatan," terang Winarto.

Winarto menambahkan, saat ini kesadaran terhadap kesehatan masih sangat minim, sehingga melalui seminar ini diharapkan juga akan lebih mengetahui pola hidup sehat dan dapat diterapkan secara langsung. 

"Seperti melalui kegiatan rutin berolahraga, mengurangi makan makanan yang mengandung kacang kacangan (sesuai takaran) , dan rajin mengkonsumsi air putih, buah dan sayur," tambahnya.

Menurut, Ketua kelompok KKN di desa tersebut, kegiatan hari ini dilakukan karena menjadi kebutuhan masyarakat, berkaitan dengan pemahaman mengenai pentingnya menjaga kesehatan, terkhusus bagi lansia. 

"Banyak masyarakat yang minim informasi tentang pentingnya menjaga kesehatan. Dari data yang kita peroleh banyak yang mengeluhkan tentang rematik di sekujur tubuh," pungkasnya.[hud/col]