Mahasiswa KKN Ciptakan Donat Kulit Pisang

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Sekelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pengabdian Masyarakat Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban membuat inovasi kue donat dari bahan kulit pisang.

Mahasiswa yang sedang mengabdi di Desa Ngimbang, Kecamatan Palang itu menuangkan kreasinya dalam membuat donat dengan mengajak masyarakat setempat.

Koordinator Bidang Ekonomi KKN-PM Desa Ngimbang, Wuri Handayani Warih mengatakan, pembuatan donat dengan menggunakan kulit pisang ini terinspirasi dari banyaknya pohon pisang yang ada di desanya.

Mahasiswa yang prihatin dengan kondisi bahan kulit pisang tersebut, akhirnya berinisiatif untuk melakukan inovasi dengan membuatnya sebagai kue donat.

"Kita buat inovasi kue donat dari kulit pisang, karena kita ingin memanfaatkan pisang yang ada di desa ini. Kalo bisa dimanfaatkan kenapa harus dibuang," ujarnya kepada blokTuban.com, Selasa (8/8/2017)

Dia juga menambahkan, memanfaatkan kulit pisang untuk dibuat kue donat ini tentu sangat bagus untuk mengangkat potensi masyarakat sekitar, agar mampu menambah nilai ekonomi.

"Disini kan banyak pohon pisang, sayang kalau tidak dimanfaatkan," terang mahasiswa semester enam ini.

Sementara itu, Kepala Desa Ngimbang, Yayik Wijayanto mengapresiasi atas inovasi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN ini. Kades juga berharap, melalui pelatihan pembuatan kue dari kulit pisang masyarakat bisa menghasilkan nilai ekonomi.

"Saya apresiasi kegiatan ini, masyarakat yang mendapat pelatihan membuat kue donat ini semoga bisa berwira usaha," pungkasnya. [nok/col]