Tempat Pengasapan Ikan di Karangagung Terbakar

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Tempat pengasapan ikan di Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban terbakar, Selasa (1/8/2017).

Pengasapan ikan milik Wartono (50), warga setempat itu terbakar sekitar kurang lebih satu jam, dari mulai pukul 08.00 WIB hingga 09.00 WIB.

Kobaran api bermula dari sebuah tempat cerobong pembakaran ikan asap. Dari cerobong tersebut, api yang mula-mula kecil tiba-tiba membesar karena menyulut minyak yang ada di sekitar lokasi.

Kapolsek Palang, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Simun mengatakan, kebakaran di tempat pengasapan ikan ini disebabkan karena adanya minyak solar di sekitar cerobong pengasapan.

Api yang mulanya menyala dari janggel jagung itupun, langsung membesar saat menyulut minyak solar yang ada ada di sekeliling cerobong hingga terjadi kebakaran.

"Kebakaran disebabkan adanya minyak solar yang berada di sekitar cerobong asap," ujar Simun kepada wartawan di lokasi.

Dia menjelaskan, dalam kebakaran ini pihaknya belum bisa mentaksir kerugian materi akibat amukan si jago merah tersebut. Hanya saja, perwira dengan pangkat tiga balok dipundak itu memastikan tidak ada korban jiwa.

"Kerugian materi masih kita taksir, kalau korban jiwa tidak ada," pungkasnya.

Simun juga menghimbau, agar para pengusaha ikan asap senantiasa berhati-hati dalam menjalankan aktivitas pengasapan, agar tidak terulang peristiwa kebakaran serupa.

"Saya berharap masyarakat atau pengusaha ikan hati-hati saat menyalakan api, supaya tidak terjadi kebakaran," tutup Simun. [nok/rom]