Bersantai di Sumber Beron Punggulrejo

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Sendang Beron, salah satu destinasi wisata meriah yang ada di Kecamatan Rengel. Tepatnya, persis berhadapan dengan Madrasah Aliah Negeri (MAN) Rengel, menjadikan wisata ini mudah dijangkau.

Sumber mata air yang berlokasi di Jalan Raya Sendang, Desa Punggulrejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban ini tampak ramai ramai gurauan anak- anak yang sedang mandi dan bermain di sekitar Sendang.

“Rata- rata yang main di sini anak MTs, dekat sendang ini juga. Kami sering mandi, memancing, dan juga main di sini karena tempatnya asyik,” ujar siswa kelas 8 MTs Negeri 2 Tuban, Iqbal kepada blokTuban.com.

Tak hanya untuk sekedar mandi dan bermain, sumber yang mengalir dari Desa Punggulrejo sampai Desa Prambon Wetan ini, juga tempat yang cocok untuk bersantai melepas penat.

Salah seorang pemuda setempat, Tulus juga mengaku sering bersantai ria bersama teman atau kerabatnya di Sendang Beron. "Kalau hari libur atau sesudah pulang kerja sering ke sini, toh tempatnya sejuk, airnya jernih, juga bisa ngopi santai”, tuturntya.

Tulus menambahkan, wisata air ini terbilang meriah karena tidak adanya pungutan biaya tiket masuk. "Dulu masih bayar seribu rupiah untuk bayar tiket, bisa dibilang sebagai uang kebersihan. Tapi sekarang gratis, makanya ramai terus," imbuh pemuda 21 tahun itu.

Terlepas dari fungsi wisata, Sendang Beron juga membantu pasokan air bersih desa- desa sekitar Beron yang dikelola oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk kebutuhan sehari- hari. [feb/ito]