Rp151 Miliar DD Tahap Satu Selesai Dicairkan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Program pembangunan di Kabupaten Tuban dipastikan tidak akan tersendat. Sebeb kucuran dana desa (DD) tahap satu yang jumlanya tidak kurang dari Rp151 miliar sudah dicairkan masing-masing desa. Dengan syarat, segala kebutuhan administrasi dan rekomendasi telah dilalui.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dan Keluarga Berencana (DPMD dan KB) Kabupaten Tuban, Mahmudi mengatakan, dalam DD tahap satu ini, merupakan enam puluh persennya anggaran Pemerintah Pusat yang jumlahnya Rp252 miliar. Menurutnya, uang itu sudah didistribusikan ke 311 desa di Kabupaten Tuban.

"DD tahap satu yang disalurkan ke rekening desa enam puluh persen dari total Rp252 miliar, sisanya tahap berikutnya," kata Mahmudi, saat dimintai keterangan blokTuban.com, Rabu (26/7/2017).

Diketahui, pencairan DD tahun 2017 ini dibagi menjadi dua tahap. Tahap awal enam puluh persen, tahap ke dua empat puluh persen. Masing-masing desa akan menerima dana kisaran Rp700 juta.

Bagaimana dengan prioritas penggunaan dana yang langsung ditransfer ke rekening desa itu? Pria berkacamata itu menyebutkan, pada tahun anggaran 2017 ini, ada dua skala prioritas penggunan DD.

"Prioritas penggunaan DD di Kabupaten Tuban, untuk pembangunan fisik desa dan pemberdayaan," tukasnya panjang lebar. [rof/rom]