Pencairan DD Tahap Satu Selesai, Agustus Tahap Dua

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dua minggu yang lalu, satu-satunya desa di Kabupaten Tuban belum bisa mencairkan dana desa (DD) tahap satu tahun 2017. Hal itu disebabkan administrasi pengajuan dirasa belum cukup untuk bisa mendapatkan dana pembangunan desa yang bersumber dari APBN itu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dan Keluarga Berencana (DPMD dan KB) Tuban, Mahmudi mengatakan, hanya Desa Tingkis yang sebelumnya terlambat mencairkan DD. Namun setelah melewati proses panjang, saat ini sudah bisa mencairkan dan proses realisasi.

"Sampai saat ini pencairan DD tahap satu telah tuntas," kata Mahmudi ketika dimintai keterangan blokTuban.com terkait progres pencairan DD tahap satu di Bumi Wali, sebutan Kabupaten Tuban.

Ketika diminta menyebutkan besaran prosentase realisasi DD, pihaknya belum bisa menjelaskan. Namun, ditegaskan dia, saat ini terdapat beberapa desa yang sudah hampir tuntas merealisasikan. Maka, bulan depan sudah bisa mengajukan pencairan tahap dua.

"Pastinya saat ini semua desa sedang proses realisasi, sedangkan untuk tahap dua diprediksi bulan Agustus," imbuh pria berkacamata itu.

Diberitakan sebelumnya, tahun ini 311 desa mendapat kucuran dana yang bersumber dari pemerintah pusat sebesar Rp252 miliar. Angka tahun ini lebih tingga dari pada tahun 2016 yang hanya Rp197 miliar. Dari jumlah tersebut, setiap desa minimal akan menerima kucuran dana sebesar Rp700 juta. [rof/rom]