IPM Tuban Ranking 27, Bupati Sebut Karena Buta Aksara

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kesenjangan Indeks Perkembangan Manusia (IPM) masyarakat Tuban, terbilang cukup tinggi untuk wilayah Kabupaten atau Kota se-Jawa Timur. Dari 38 Kabupaten atau Kota di Jawa Timur, Tuban menempati peringkat ke 27.

Bupati Tuban, Fathul Huda menyebut, angka kesenjangan IPM yang cukup tinggi itu dikarenakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tidak memadai. Karena di Tuban ini masih banyak masyarakat yang tidak bisa baca ataupun tulis alias buta aksara.

"Masih banyak yang buta aksara, sehingga berpengaruh terhadap angka IPM, angka IPM kita cukup tinggi," kata Fathul Huda kepada wartawan, Rabu (25/7/2017).

Banyaknya masyarakat yang tidak bisa baca tulis tersebut terjadi di beberapa wilayah di Tuban. Biasanya, mereka yang tidak bisa baca tulis berada di daerah pedesaan yang tepencil, sehingga kurang akan pengalaman atau minim pengetahuan.

Maka dengan kondisi demikian, Bupati yang berlatar pegusaha itu akan terus berupaya memperbaiki kualitas tingkat Sumber Daya Manusia, agar bisa mengurangi angka IPM yang sangat tinggi tersebut.

"Ini Pekerjaan Rumah Pemkab untuk menurunkan angka IPM kita yang cukup tinggi, kita akan terus berupaya mengatasi permasalahan tersebut," pungkasnya.

Bupati Tuban menambahkan, tingginya Indeks Perkembangan Manusia tersebut bisa mempengaruhi angka kemiskinan di Tuban. Sehingga pada Survey yang dilakukan BPS, angka kemiskinan Tuban terlihat semakin meningkat.

"Salah satu yang mempengaruhi kemiskinan di Tuban meningkat ya karena IPM kita masih tinggi, jadi jelas sangat berpengaruh," tutup bupati. [nok/rom]