Sempat Tertinggal, Akhirnya DD Tingkis Cair

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sempat tertinggal, akhirnya pencairan Dana Desa (DD) tahap satu di Kabupaten Tuban tuntas. Sebab, pada pekan ke dua bulan Juli lalu, terdapat satu desa di Kecamatan Singgahan yang tertinggal akibat kurang lengkapnya persyaratan administrasi.

Camat Singgahan, Dani Ramdani mengatakan, Desa Tingkis yang sempat tertinggal saat ini sudah bisa mencairkan dana yang bersumber dari APBN itu. Pasalnya, semua persyaratan yang diwajibkan sudah terpenuhi.

"Alhamdulillah saat ini, DD Desa Tingkis tahap satu bisa dicairkan," kata Dani, sapaan akrabnya ketika dikonfirmasi blokTuban.com.

Sebelumnya, dari jumlah total 12 desa di Kecamatan Singgahan, Desa Tingkis belum bisa mencairkan. Bahkan, desa ini satu-satunya di Kabupaten Tuban yang lamban mencairkan DD tahun 2017. Selain itu, desa yang berda di timur laut wisata air terjun Nglirip itu, sebelumnya juga telat mencairkan DD di tahun anggaran 2016.

Mantan Sekretaris Camat Montong itu mengaku, di awal 2017, realisasi DD tahap dua tahun 2016 Desa Tingkis baru tuntas. Sehingga, pengajuan DD tahap satu tahun 2017 lamban.

"Khusus desa tingkis realisasi DD tahap dua tahun 2016 baru tuntas, jadi untuk yang 2017 baru pengajuan permohonan," pungkas pria yang juga pernah menjabat sebagai Sekcam Senori itu. [rof/ito]