Jalan Tuban-Bojonegoro Terganggu Aktivitas Pasar Sapi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Aktivitas Pasar Hewan di Desa Sugihan, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, berdampak di akses lalu lintas Jalan Jatirogo-Bojonegoro.

Pantauan blokTuban.com, Jumat (21/7/2017), kemacetan terjadi lebih dari dua kilometer dari dua arah. Beberapa petugas kepolisian dari Polsek Jatirogo tampak berusaha keras mengatur dan mengurai kemacetan yang bersumber di depan pasar.

Aktivitas jual beli ternak memang dilakukan di area pasar yang berada tepat di pinggir jalan. Namun, kendaraan pengangkut ternak keluar masuk dari area pasar dan banyak yang menyeberang jalan raya buat mencari tempat parkir.

"Itu yang membuat macet," kata Gunadi (33), pengendara yang terjebak macet di jalan setempat.

Selain itu, cukup banyak yang menggelar dagangan di pinggir jalan dan menjadi pusat kerumunan orang. Pemandangan seperti itu selalu terjadi hampir setiap Jum'at pagi, dengan puncak kemacetan di antara pukul 9 sampai 10 pagi.

"Karena pedagangnya banyak dari luar Tuban juga, diantaranya dari wilayah Blora dan wilayah Rembang," kata Wignyo, seorang warga.

Tersendatnya arus lalu lintas biasanya baru bisa teratasi sekitar pukul 11:00. Seiring dengan berkurangnya aktivitas jual beli ternak jenis sapi dan kambung. [hud/ito]