Sensus Ekonomi Terjunkan 156 Petugas

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Sensus Ekonomi 2017, tahap dua akan dilakukan pada bulan Agustus dan September mendatang. Sensus yang hanya fokus mendata operasional pelaku usaha tersebut tidak banyak menyerap tenaga kerja petugas.

Kepala Badan Pusat Statistik BPS Kabupaten Tuban, Agus Budi Santoso mengatakan, sensus ekonomi mendatang memang tidak membutuhkan banyak tenaga kerja atau petugas sensus.

Sebab, sensus yang akan dilakukan bulan Agustus itu tidak seperti sensus ekonomi di tahun 2016, yang mendata semua pelaku usaha di masyarakat.

"Sensus ekonomi mendatang hanya akan membutuhkan sekitar 156 petugas, yang nantinya akan mendata operasional pelaku usaha secara mendetail," ujarnya kepada wartawan, Kamis (20/7/2017)

Agus sapaan akrabnya mejelaskan, petugas sensus yang nantinya akan direkrut itupun merupakan petugas yang sudah berpengalaman di bidangnya dan diutamakan petugas sensus ekonomi 2016.

"Kita utamakan petugas sensus ekonomi tahun lalu, karena dia sudah pengalaman menyensus para pelaku usaha sebelumnya. Hanya saja sensus kedepan lebih mendetail," pungkasnya.[nok/ito]