Sekda: Kepala BPS Diganti, Kita Tidak Intervensi

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tuban, Prayogo telah digantikan oleh Agus Budi Santoso, Selasa 11 Juli.

Kabar beredar, pergantian Prayogo ada kaitannya dengan hasil sensus dari BPS yang menunjukkan angka kemiskinan di Kabupaten Tuban meningkat, sehingga membuat pihak Pemkab Tuban gerah.

Kabar itu segera ditepis oleh Pemkab Tuban, melalui Sekretaris Daerah, Budi Wiyana. Budi menganggap pergantian atau mutasi disetiap instansi itu hal lumrah dan bisa terjadi sesuai sewaktu-waktu.

Jadi jangan ada rasa atau kesan, bahwa pergantian kepala BPS Kabupaten Tuban yang dulu diganti dengan yang sekarang karena ada campur tangan dari Pemkab.

"Kita tidak ikut campur atau intervensi mengenai digantinya kepala BPS, itu murni wewenang instansinya," kata Budi kepada wartawan.

Bahkan, mantan kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) itu menyatakan, hubungan Pemkab dengan BPS amat sangat baik. Sebab, keduanya saling membutuhkan terkait data.

"Kita tidak ada masalah dengan BPS, kita tegaskan pergantian kepala BPS itu murni dari instansinya sendiri, kita tidak ada intervensi," pungkasnya.

Berdasarkan data yang dirilis oleh BPS Provinsi Jawa Timur, angka kemiskinan Kabupaten Tuban meningkat. Jika di tahun 2015 jumlah penduduk miskin sebanyak 196, 59 ribu di tahun 2016 jumlah penduduk miskin menjadi 198, 35 ribu. Dengan data penduduk miskin tersebut, maka Prosentase angka meningkat dari tahun 2015 yang hanya 17.08 persen menjadi 17.14 persen di tahun 2016.[nok/ito]