Polisi Minta Desa Optimalkan Poskamling

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kepolisian Sektor (Polsek) Jatirogo meminta Pemerintah Desa (Pemdes) di wilayah hukumnya kembali memfungsikan pos keamanan lingkungan (Poskamling). Upaya tersebut dinilai sebagai bentuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Untuk mengontrol keamanan lingkungan serta menjalin komunikasi antar warga sudah waktunya Poskamling kembali dimanfaatkan. Sebab, kini kebanyakan tinggal bangunannya," kata anggota Binmas Polsek Jatirogo, IPDA Suhardi kdpada blokTuban.com, Sabtu malam (15/7/2017) usai mengelar Halal Bihalal di Desa Sugihan.

Dikatakan Hardi, begitu ia disapa, melalui kegiatan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) cukup efektif meminimalisir tindakan kriminal. Sementara itu keadaan di masyarakat budaya tersebut kian terkikis.

Manfaat lain optimalisasi Poskamling, lanjut Perwira Polri itu, dapat mengurangi miss komunikasi antar warga. Sehingga, rasa saling curiga antar warga tidak lagi terjadi.

"Poskamling sangatlah penting, terutama sebagai wadah pertemuan untuk menyatukan persepsi masyarakat," sambungnya menandaskan.

Sangking pentingnya Poskamling, Polisi dengan pangkat satu balok di pundaknya itu menilai sebagai benteng pertahanan desa. Selain itu ia juga menagaskan, Poskamling merupakan ujung tombak pos keamanan dalam Negeri.

"Pemerintah dari tingkat RT dan RW kami harapkan bisa mengoptimalkan keberadaan poskamling, sebab itu aset ujung tombak keamanan Negara," tegas Hardi. [rof/ito]