Pentingnya Rambu Lalu Lintas di Jalan Merakurak-Montong

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Jalan penghubung Kecamatan Merakurak dan Kecamatan Montong minim rambu-rambu lalu lintas. Terutama di kawasan Dusun Mahbeser, Desa Tuwiri Kulon, dan di Dusun Koro, Desa Pongpongan, keduanya masuk wilayah Kecamatan Merakurak.

Pantauan blokTuban.com, jalan di wilayah setempat berkelok dan banyak tikungan tajam. Selain itu ada juga medan tanjakan yang cukup berbahaya apabila sopir tidak berhati-hati.

"Dulu pernah ada rambu-rambu lalu lintas, tapi setelah pelebaran jalan ada yang mencopot dan belum dipasang lagi," kata Karno (40), seorang warga kepada blokTuban.com, Kamis (13/7/2017).

Meski bukan jalur ramai, itu merupakan salah satu akses utama warga dari Tuban kota yang akan menuju wilayah beberapa kecamatan di Tuban selatan.
"Terkadang kondisi jalan yang mulus dan lebar membuat pengendara kurang waspada, apalagi tidak rambu-rambu peringatan," kata Kanit Laka Satlantas Polres Tuban, Iptu Nungki Sembodo.

Terakhir kali insiden kecelakaan yang terjadi karena pengendara kurang waspada terjadi pada Rabu (12/7/2017) kemarin. Mobil elf yang membawa rombongan setelah menghadiri undangan pengantin di Montong menuju ke Gresik terguling di belokan yang juga jalan menurun.

"Kita sudah merekomendasikan ke Dishub agar jalur ini diberi rambu-rambu. Supaya pengendara yang melintas bisa lebih hati-hati," kata Nungki. [pur/col]