Persiapan Pemboran Sumur Tapen 04-05 Capai 92 Persen
Reporter: Mochamad Nur Rofiq
 
blokTuban.com - Progres pemboran development untuk sumur Tapen-4 dan 5, pada cluster Tapen-2 mencapai 92 persen (%). Apabila tidak ada kendala yang berarti, pemboran bakal terlaksana pada triwulan ke-4 tahun 2017.
 
"Progres pengembangan sumur Tapen -2 masih tahap persiapan lokasi sumur 4 dan lima. Secara hitungan, sudah mencapai 92 %," terang Field Manager PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, Heru Irianto melalui keterangan tertulisnya yang diterima blokTuban.com.
 
Lapangan Migas yang terletak di Tapen, Desa Sidoharjo, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Jawa Timur itu, rencananya akan digabung dengan sumur TPN-01 lokasinya yang hanya berjarak tidak kurang dari 500 meter. Minyak dari Lapangan Tapen tersebut, bakal dialirkan ke Control Processing Area (CPA) Mudi, di Desa Rahayu, Kecamatan Soko.
 
Sebelumnya, rencana persiapan operasi dimulai pada bulan Juli 2017. Semuanya dikerjakan apabila jadwalnya tepat dalam penyelesaian sipil lokasi sebelum rig masuk.
 
"Status terakhir persiapan lokasi pada pengecoran pondasi dan saat ini menunggu semen kering," sebut mantan Field Manager PT Pertamina Field Ramba itu.
 
Usai dilakukan pengeringan, pria humanis itu mengaku akan dilakukan pemagaran. Hal itu dialakuakn sebelum rig masuk lokasi.
 
"Setelah tahap pengeringan ada tahap pemagaran, sebelum tahap persiapan rig," pungkasnya. [rof/ito]