Sektor Industri Penopang Utama Perekonomian Tuban

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Sektor industri menjadi penopang utama perekonomian di Kabupaten Tuban. Rupanya hal tersebut menjadi salah satu identitas  Tuban yang dikenal sebagai kawasan industri.

Terdapat lima sektor utama yang menopang perputaran ekonomi di Tuban. Namun yang menjadi top up atau teratas dan urutan pertama yakni industri manufaktur.

Kepala Bidang Perekonomian Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Imron Achmadi mengatakan kontribusi lima sektor ekonomi ini mempengaruhi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Semua barang dan jasa hasil dari kegiatan ekonomi yang terjadi di Tuban yang mengarah pada pendapatan disebut pendapatan domestik.

Sesuai data 2015, industri manufaktur menempati angka 28, 32 persen. Pada sektor pertanian mencapai 21,33 perse, jasa konstruksi pada 13,47 persen. Sedangkan pada sektor perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor mencapai 12,41 persen serta sektor pertambangan dan penggalian ada pada titik 9,24 persen.

"Diakui pertumbuhan ekonomi Kabupaten selama kurun 5 tahun, sejak 2011 hingga 2015 terus melambat namun tidak dapat dijadikan patokan tingkat kesejahteraan masyarakat," kata Imron.

Berada pada posisi strategis​, yakni memiliki jalur pantura dan jalur antar provinsi menjadi perputaran ekonomi di Tuban cukup memadai. Selain itu beberapa perusahaan nasional dan multinasional juga beroperasi di Tuban yang menjadikan ekonomi turut terkatrol. 

Selain itu, industri berbasis masyarakat masih terus bercokol di tengah penduduk, misalnya industri batik yang ada sejak turun temurun. Serta potensi pertanian cukup baik yang memiliki jumlah lahan sawah produktif mencapai sekitar 56,391 hektare dan ladang yang memiliki lahan sekitar 99,52 hektare. [dwi/col]