Pasca Lebaran, Harga Sapi Naik

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pasca hari raya Idul Fitri 1438 Hijriyah, harga sapi di pasaran cenderung mengalami peningkatan, dibandingkan dengan harga sebelum hari raya. Hal itu terjadi di Pasar Sapi Desa Margomulyo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.

Menurut keterangan salah satu penjual dan pembeli sapi Lasiran (50), pasca lebaran ini harga sapi cenderung mengalami peningkatan dibandingkan dengan harga pada awal puasa kemarin.

"Harga sapi saat ini lumayan ada peningkatan, terutama sapi jenis jantan," ungkap Lasiran kepada blokTuban.com, Senin (3/7/2017).

Sementara itu, penjual lain asal Tambakboyo Sanusi mengatakan hal yang sama, pasca lebaran harga sapi mengalami peningkatan. Menurutnya, sebelum puasa lalu, penjual sapi sangat sulit mencari untung karena harganya murah.

Sanusi menambahkan, peningkatan harga ini terjadi karena banyak masyarakat yang merantau dari jauh membeli sapi, serta para petani telah melalui masa panen. "Harga sapi jantan meningkat tajam, ini juga merupakan persiapan untuk hari raya Qurban," kata Sanusi.

Terpisah, penjual sapi lain Siti (45), mengaku pasca lebaran harga lebih ada peningkatan. "Sapi yang saya bawa ini, semisal dijual awal Ramadan lalu kemungkinan hanya laku Rp6 juta, namun sekarang sudah ada yang menawar Rp6,7 juta," tutup Siti.[hud/ito]