Mbah Loso, Potret Warga Miskin Kabupaten Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Mbah Loso, kakek berumur sekitar 75 tahun ini merupakan salah satu potret warga miskin di Bumi Wali, sebutan Kabupaten Tuban. Mbah Loso tinggal di RT.05/RW.01 Dusun Tanggungrejo, Desa Tanggulangin, Kecamatan Montong, hanya hidup berdua dengan istrinya Wasri (70).

Bersama sang istri, Mbah Loso hidup sehari-hari serba kekurangan. Ditambah lagi sudah sekitar 4 tahun ini Wasri mengalami sakit mata dan tidak sembuh-sembuh, hingga sudah tidak bisa melihat lagi (buta) dan tuli.

Kakek satu cucu itu mengaku, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ia harus melakukannya sendiri, melihat istrinya yang sudah tuli dan buta tersebut, termasuk memasak, mencuci, membersihkan rumah, mengambil kayu bakar serta berbelanja.

"Istri saya sudah tidak bisa beraktifitas lagi karena matanya sakit, sehingga semua pekerjaan rumah saya yang melakukannya," ungkap Mbah Loso kepada blokTuban.com, Minggu (2/7/2017).

Berhubung tidak mempunyai satu petak sawah maupun tegal, selain melakukan aktifitas sehari-harinya mengerjakan pekerjaan rumah, Mbah Loso juga merawat kambing milik anaknya yang hidup jauh darinya, dengan sistem merawat bagi anak, atau setiap kali beranak wajib untuk membagi dua.

"Setiap kali selesai memasak, saya langsung pergi ke sawah untuk mengembala kambing. Sekarang kambing yang saya rawat tinggal dua ekor, kerena beberapa minggu yang lalu terkena penyakit dan mati," tambah Mbah Loso kepada blokTuban.com.

Sementar itu, dari keterangan warga sekitar, Hartono, rumah yang hanya berukuran 6x3 itu sudah tidak layak untuk ditempati oleh Mbah Loso dan Mbah Wasri. Pasalnya selain bocor, sesek bagian depan dan belakang (dinding dari anyaman bambu) sudah rusak dimakan rayap (hewan pemakan kayu).

"Beberapa hari yang lalu, warga sekitar membenahi rumah Mbah Loso dengan memasang esbes untuk atap bagian depan dan dapur," kata Hartono.

Sementara itu, Kepala Desa Tanggulangin, Budi mengatakan, setiap kali ada bantuan berupa bahan pokok maupun uang tunai, Mbah Loso selalu mendapatkannya, dan Pemerintah Desa sudah mengusulkan agar rumahnya mendapatkan perhatian dari pemerintah.

"Setiap kali ada bantuan dari pemerintah, seperti Rastra, BLT, dan KIS Mbah Loso dapat. Dan saya sudah mengusulkan rumahnya untuk diperbaiki," ungkap Kades Tanggulangin. [hud/rom]