Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menjelang Hari Raya Ketupat atau Kupatan (yang telah menjadi tradisi masyarakat satu minggu usai Hari Raya Idul Fitri) Pasar Desa Margomulyo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban dipadati penjual janur dadakan.

Dari informasi yang dihimpun blokTuban.com dari para pedagang, penjualan janur dadakan tersebut mulai memadati area pasar sudah sejak dua hari ini. Dan semakin mendekati Hari Raya Ketupat penjual janur semakin ramai.

"Setiap menjelang Hari Raya Ketupat saya menjual janur. Tapi, di hari-hari biasa saya menjual bumbu dapur," kata Sariyem (45), Jumat (30/6/2017).

Ia menambahkan, penjualan janur ini hasilnya lumayan, selama dua hari ratusan ikat janur ludes terjual. "Besuk hari terakhir menjual janur, mungkin masih lumayan ramai," tambah Sariyem kepada blokTuban.com.

Masih kata Sariyem, kali ini setiap satu ikat janur dengan isi 10 janur ia hargai sebesar Rp3.000. Tetapi tidak sedikit masyarakat yang membeli dengan jumlah banyak, sehingga harganya lebih murah.

Sementara itu, salah satu pembeli Solik mengaku, di tempatnya Hari Raya Ketupat akan diselenggarakan besok malam, sehingga ia membeli janur sekarang dan dirangkai sendiri di rumah. "Setiap kali kupatan, pasti membuat ketupat mas," ujarnya. [hud/col]