Lebaran, Omset Makanan Khas Tuban Melimpah

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Menjelang hari raya Idul Fitri pekan lalu, pusat oleh-oleh jadi tempat yang ramai dikunjungi masyarakat. Di Kecamatan Jatirogo misalnya, pusat makanan khas Desa Sadang, Kecamatan Jatirogo, Tuban itu hampir setiap hari dipenuhi masyarakat yang akan berburu 'Marning' untuk dijadikan suguhan maupun buah tangan dari Bumi Wali.

Untuk diketahui, Marning Jatirogo merupakan makanan khas berbahan dasar jagung. Di tangan warga yang tinggal di sekitar Pasar Jatirogo itu, marning mampu meghipnotis setiap mereka yang mengunyahnya.

Sesuai dengan rasanya, hasilnya pun cukup renyah dan bisa jadi mata pencahariaan warga setempat menyambung hidup. Tidak tanggung-tanggung pekerjaan yang dulunya hanya untuk mengisi waktu luang itu kini beromset puluhan juta rupiah perhari.

"Bersyukur, setiap tahun penjualan makanan khas Jatirogo ini selalu meningkat," tutur Kusrini, pemilik industri kreatif rumahan produksi Marning, saat ditemui di sentra oleh-olehnya, Kamis (29/6/2017).

Diungkapkan wanita yang merintis usaha sejak 2004 silam itu, tahun ini penjualan Marning dan makanan khas Tuban lainnya meningkat drastis hingga 40 persen. Sebab, pelanggannya pun kian bertambah hingga luar pulau.

Rini, begitu ia disapa mengaku, dengan seringnya mengikuti pameran yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Tuban maupun Provinsi Jawa Timur, dapat mendongkrak pemasaran. Alhasil, menjelang lebaran kemarin, usahanya beromset hingga Rp50-60 juta per hari.

"Cukup kualahan jika dibanding tahun lalu, sebab di tahun sebelumnya hanya Rp20--30 juta perhari mendekati lebaran," terang wanita humanis itu.

Hal serupa juga diungkapkan pembuat keripik pisang khas Tuban, Kholip. Menurut pria yang sudah delapan tahun menggeluti usahanya itu, menghadapi hari raya bisa tersenyum lebar. Sebab permintaan keripik pisang miliknya naik hingga 50 persen.

"Peminatnya cukup tinggi, jika tahun lalu sehari menghabiskan 4 tandan pisang, kini bisa 6 tandan," beber Kholip.

Berdasarkan informasi yang dihimpun blokTuban.com di lapangan, selain melayani pasar daerah di seluruh Tuban, hasil produksi Marning Jatirogo bisa menembus Pasar Nasional hingga Internasional. Tak ayal, ketika menghadapi lebaran, pelaku industri pangan rumahan di Desa Sadang, Jatirogo mengaku panen.[rof/ito]