Lahirnya Pokdarwis Diharapkan Nglirip Semakin Tertata dan Maju

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan wisata air terjun Nglirip, Pemerintah Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, memprakarsai pembentukan perkumpulan masyarakat sadar wisata, atau yang kerap disebut kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

Kepada blokTuban.com, Kepala Desa (Kades) Mulyoagung, Moh. Muhail mengatakan, untuk kemajuan wisata Nglirip perlu adanya peningkatan tata kelembagaan, manajemen, dan Sumber Daya Manusia (SDM). Sehingga, daya tarik wisatawan akan meningkat.

"Tujuannya dengan adanya lembaga yang resmi agar transparan, bersih, tempatnya indah dan lebih maju," kata Kades yang kerap disapa Hail itu.

Dijelaskan Hail, perkumpulan masyarakat peduli wisata Nglirip secara resmi berdiri 6 Juni 2017. Legalitas tersebut dibuktikan dengan adanya akta pendirian perkumpulan yang dikeluarkan oleh Notaris.

Pihaknya berharap, dengan terbentuknya Pokdarwis Nglirip bisa maksimal menangani wisata. Sehingga dari hasil pengelolaan wisata air terjun, masyarakat setempat bisa terangkat perekonomiannya.

Selain itu, penghasilan tetap dari wisata yang dikelola, bisa menambah Pendapatan Asli Desa (PADes). Sebab, sebagian kecil dari penghasilan wisata masuk di kas desa.

"Dari hasilnya, yang jelas beberapa persen masuk PADes, yang lainnya dialirkan ke Dinas Pengairan Provinsi Jawa Timur sebagai pengelola bendungan Nglirip," pungkasnya. [rof/rom]