Dinkes Siapkan Pos Kesehatan di Dua Jalur Mudik

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Enam posko kesehatan mudik Lebaran Idul Fitri 1438 H, akan disiapkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban. Enam titik posko tersebut didirikan di titik rawan kecelakaan, khusus di jalur Pantai Utara (Pantura). Selain itu, sejumlah Puskesmas di jalur alternatif juga tetap disiagakan.

Kepala Dinkes Kabupaten Tuban, Saiful Hadi kepada blokTuban.com menjelaskan, enam pos kesehatan mudik itu tersebar dari perbatasan Jawa Timur (Jatim)-Jawa Tengah (Jateng) hingga jalan raya Widang. Pihaknya berharap, di setiap titik bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh pemudik.

"Kita sudah menyiapkan enam titik pos kesehatan di Pantura, semoga pemudik bisa lancar dalam perjalanan menuju kampung halaman," tutur Kepala Dinkes Tuban, Saiful Hadi saat dikonfirmasi blokTuban.com, Senin (19/6/2017).

Pria yang merangkap sebagai kepala RSUD Dr. R. Koesma Tuban itu lebih lanjut menerangkan, pos kesehatan yang pertama berda di Desa Sukolilo, Kecamatan Bancar. Posko selanjutnya didirikan di wilayah hutan Jatipeteng, Jenu Tuban.

Posko yang ketiga bertempat di Rest Area yang dulunya terkenal dengan sebutan terminal lama Tuban, Posko keempat tepat berada di Pos Polisi Pantai Boom Tuban, yang kelima didirikan di Pos Polisi Temangkar Pakah, dan Posko yang terakhir ada di Kecamatan Widang.

"Dengan program mudik sehat ini, segala perlengkapan sudah kita siapkan, baik tenaga medis, obat-obatan hingga sopir ambulan," bebernya melalui panggilan telepon dengan wartawan media ini.

Selain posko kesehatan di jalur Pantura, pihaknya mengaku juga telah menyiapkan semua Puskesmas di jalur alternatif Tuban selatan. Sebab, menurut keterangan petugas lalu lintas mudik tahun ini, ke dua jalur tersebut akan difungsikan semua.

"Bagi yang mengunakan jalur alternatif Bojonegoro-Jatirogo, semua Puskesmas yang terlintasi juga kita siagakan. Sehingga pemudik semaksimal mungkin bisa terlayani," pungkasnya. [rof/ito]